Jurnal Harian Tematik Kelas 6 SD Kurikulum 2013/K13 Revisi 2018 Semua Tema & Sub Tema
JURNAL Guru Kelas 6 SD K13 Revisi 2018 Semua Tema - Seorang Pendidik haruslah mempunyai sebuah jurnal pembelajaran, dimana jurnal pembelajaran harian Kelas merupakan bagian dari indikator dari subkompetensi profesional yang harus dimiliki oleh setiap tenaga pendidik yang nantinya jurnal pembelajaran tersebut bertujuan untuk mengembangkan keprofesian dan merupakan salah satu bukti yang menggambarkan kinerja seorang guru, dimana Jurnal pembelajaran berfungsi untuk mencatat pelaksanaan pembelajaran.
Seperti yang sudah di sebutkan di atas, Jurnal Kelas atau jurnal pembelajaran harian merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh para guru. Jurnal kelas ini berguna untuk mencatat pelaksanaan pembelajaran setiap harinya. berikut ini adalah contoh jurnal harian Tematik kelas untuk kelas 6 SD k13 Revisi 2018.
Jurnal Harian Kelas yang saya bagikan secara gratis melalui link di bawah ini merupakan Jurnal Pembelajaran Lengkap Jenjang Sekolah dasar Kelas 6 meliputi 5 tema dan Sub Tema yang tentunya menggunakan Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2018.
Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia
Tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan
Tema 3 Makanan Sehat
Tema 4 Sehat Itu Penting
Tema 5 Ekosistem
Berikut Contoh Jurnal Harian K13 Kelas 6 Revisi 2018
Jurnal Harian UPTD SD Negeri Bandung 1
Hari /Tanggal :Kelas/Semester : 6 / 1Alokasi waktu : 6 x 35 menit (6 JP) Tema 1 : Selamatkan Makhluk HidupSubtema 1 : Tumbuhan SahabatkuPembelajaran : 1
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia3.1, 4.1,IPS3.1, 4.1,IPA3.1, 4.1,
Materi Pokok
-Menemukan informasi dan ide pokok dari teks laporan dan mengisi peta pikiran yang sediakan. Mengembangkan informasi dan ide pokok dalam bentuk tulisan.
IPS
- Menemukan persamaan dan perbedaan karakteristik dua Negara ASEAN terkait kondisi sosial budaya
IPA- Mengamati tanaman dengan perkembangbiakan generative dan manfaatnya
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia- Membaca teks tentang tanaman jagung.
- Mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian mengembangkan isi diagram dengan menggunakan kosakata baku
IPS
- Membaca fakta tentang ASEAN. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
- Menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan sosial budayanya. Siswa kemudian diminta untuk menyampaikan bunga yang menjadi bunga nasional di negara ASEAN. Collaboration
- Memberikan penguatan tentang kehidupan sosial budaya Negara ASEAN.
IPA
- Mengamati gambar bagian-bagian reproduksi pada bunga dan membaca proses perkembangbiakan generatif.
- Mengamati proses perkembangbiakan generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif.
- Menulis manfaat dari perkembangbiakan generatif dan menyerahkannya kepada guru.
Penilaian Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
IPSTugas dinilai dengan daftar periksa
IPATabel dan tulisan dinilai dengan daftar periksa
Hari /Tanggal :
Kelas/Semester : 6 / 1
Alokasi waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
Tema 1 : Selamatkan Makhluk Hidup
Subtema 1 : Tumbuhan Sahabatku
Pembelajaran : 1
Bahasa Indonesia
3.1, 4.1,
IPS
3.1, 4.1,
IPA
3.1, 4.1,
Materi Pokok
-Menemukan informasi dan ide pokok dari teks laporan dan mengisi peta pikiran yang sediakan. Mengembangkan informasi dan ide pokok dalam bentuk tulisan.
IPS
- Menemukan persamaan dan perbedaan karakteristik dua Negara ASEAN terkait kondisi sosial budaya
Kompetensi Dasar
-Menemukan informasi dan ide pokok dari teks laporan dan mengisi peta pikiran yang sediakan. Mengembangkan informasi dan ide pokok dalam bentuk tulisan.
IPS
- Menemukan persamaan dan perbedaan karakteristik dua Negara ASEAN terkait kondisi sosial budaya
IPA
- Mengamati tanaman dengan perkembangbiakan generative dan manfaatnyaKompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
- Membaca teks tentang tanaman jagung.
- Mendiskusikan diagramnya dengan teman kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan jawaban tersebut, setiap siswa kemudian mengembangkan isi diagram dengan menggunakan kosakata baku
- Membaca fakta tentang ASEAN. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
- Menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan sosial budayanya. Siswa kemudian diminta untuk menyampaikan bunga yang menjadi bunga nasional di negara ASEAN. Collaboration
- Memberikan penguatan tentang kehidupan sosial budaya Negara ASEAN.
- Mengamati gambar bagian-bagian reproduksi pada bunga dan membaca proses perkembangbiakan generatif.
- Mengamati proses perkembangbiakan generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif.
- Menulis manfaat dari perkembangbiakan generatif dan menyerahkannya kepada guru.
Penilaian Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
Bahasa Indonesia
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
IPS
Tugas dinilai dengan daftar periksaIPA
Tabel dan tulisan dinilai dengan daftar periksaDownload Jurnal Harian Kelas 6 Tematik Kurikulum 2013 / K13 Revisi 2018 Format Doc.
Jurnal Tematik Kelas 6 Tema 1 Subtema 1-3 K13 Revisi 2018
Jurnal Tematik Kelas 6 Tema 2 Subtema 1-3 K13 Revisi 2018
Jurnal Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 1-3 K13 Revisi 2018
Jurnal Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 1-3 K13 Revisi 2018
Jurnal Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1-3 K13 Revisi 2018
Jurnal Tematik Kelas 6 Tema 2 Subtema 1-3 K13 Revisi 2018
Jurnal Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 1-3 K13 Revisi 2018
Jurnal Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 1-3 K13 Revisi 2018
Jurnal Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1-3 K13 Revisi 2018
Belum ada Komentar untuk "Jurnal Harian Tematik Kelas 6 SD Kurikulum 2013/K13 Revisi 2018 Semua Tema & Sub Tema"
Posting Komentar